Fenomena Tiktok pada Masyarakat Pedesaan ditengah Pandemi Covid-19

Oleh : Rahmatulwasyiah

Pengurus GenBI UNM Periode 2020

Essai Ruang Karya GenBI UNM

GENBIUNM.COM –

Semenjak bangsa ini dilanda virus Covid-19, angin perubahan menerpa hampir semua lini kehidupan, termasuk perubahan sistem sosial budaya. Sistem sosial budaya merupakan perilaku hubungan individu maupun kelompok dalam masyarakat yang diterima oleh sebagian besar masyarakat karena bersumber dari nilai-nilai budaya yang telah menjadi bagian pola hidup sehari-hari masyarakat itu sendiri. Pada masyarakat pedesaan tentu memiliki karakteristik sistem sosial budaya tersendiri, yang membedakannya dengan masyarakat perkotaan. Kehadiran virus Covid-19 saat ini telah banyak mempengaruhi dan mengubah cara pandang seseorang khususnya masyarakat pedesaan terhadap hal-hal dalam kehidupan sehari-hari, seperti gagasan, nilai, dan norma.

Ketiga unsur tersebut telah mengalami perubahan. Kehidupan masyarakat pedesaan yang diawali dengan serba sederhana kini berubah menjadi kehidupan yang modern. Salah satunya ialah penggunaan smartphone. Sebelum adanya virus Covid-19, masyarakat pedesaan masih minim akan teknologi. Namun, setelah adanya virus Covid-19 masyarakat didorong untuk tetap berada dirumah dan melakukan segala aktivitas secara daring. Oleh karena itu, para orang tua dengan terpaksa membelikan anak-anaknya sebuah smartphone. Hal inilah yang menyebabkan orang tua dan anak di pedesaan mulai gencar menggunakan teknologi.

Berdiam diri dirumah saja akan menjadi suatu hal yang tidak mudah dilakukan bagi masyarakat pedesaan. Mereka yang terbiasa berkumpul, berkelompok, terhubung satu sama lain, dan khususnya anak-anak yang suka bermain dengan teman sebayanya akan merasa jenuh jika harus berdiam diri dirumah secara terus menerus. Oleh karena itu, mereka membutuhkan kegiatan yang tetap dapat membuatnya terhubung dengan teman-temannya.

Berbagai macam media untuk berkomunikasi pun hadir untuk memudahkan mereka berinteraksi. Seiring dengan perkembangan zaman,
teknologi internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Hal inilah yang melahirkan media sosial. Media sosial merupakan media online, media yang menggunakan internet dimana para penggunanya bisa menuangkan ide, mengekspresikan diri, dan menggunakan sesuai kebutuhannya. Kehadiran media sosial ini memberikan kemudahan bagi manusia untuk berkomunikasi dan bersosialisasi khususnya ditengah pandemi.

Salah satu media sosial yang sedang menjadi trend adalah tiktok. Tiktok kini menjadi aplikasi yang ramai diperbincangkan ditengan pandemi Covid-19. Aplikasi tersebut sudah sangat lumrah ditengah masyarakat pedesaan. Bahkan, menurut survey yang telah saya dapatkan, aplikasi tiktok kini menjadi aplikasi yang wajib diunduh pada setiap smartphone, baik anak-anak maupun orang dewasa. Aplikasi tiktok ini dianggap sangat menghibur, dapat mengurangi beban pikiran karena tugas sekolah dan pekerjaan. Aplikasi dengan berbagai fitur menarik seperti efek khsusus, pilihan musik latar, rekaman klip pendek, jutaan klip musik, dan berbagai dance menarik mendukung aplikasi ini untuk menjadi pilihan aplikasi menghibur.

Fenomena tiktok pada masyarakat pedesaan merupakan sesuatu yang perlu menjadi perhatian, sebab dengan adanya tiktok sosial budaya pada masyarakat pedesaan sudah tidak mencerminkan keaslian budayanya. Perubahan sosial budaya ini tidak hanya dilakukan masyarakat perkotaan saja, namun juga masyarakat pedesaan. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa tidak ada lagi pembeda gaya hidup antara masyarakat pedesaan maupun masyarakat perkotaan.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts

GENBIUNM

FOTO KEPENGURUSAN GENBI UNM PRIODE 2021 – 2022

Assalamualaikum wr. wb dan selamat siang teman-teman 🌞✨

Diinformasikan kepada seluruh teman-teman GenBI Komisariat Universitas Negeri Makassar untuk dapat menghadiri foto kepengurusan GenBI Komisariat UNM periode 2021-2022 yang akan dilaksanakan pada: