Suatu Tantangan atau Batu Loncatan Dalam Berliterasi Matematika Guna Melahirkan SDM Unggul Dan Melek Teknologi

Oleh : Musafir

Pengurus GenBI UNM Periode 2020

Essai Ruang Karya GenBI UNM

Globalisasi

GENBIUNM.COM – Sumber daya manusia (SDM) yang bermutu merupakan faktor penting dalam pembangunan di era globalisasi saat ini. Pembangunan manusia didefinisikan sebagai proses perluasan pilihan bagi penduduk (a process of enlarging people’s choices). Diyakini, dimensi pengetahuan (knowledge) adalah faktor penting yang mempengaruhi pembangunan SDM di Indonesia. Faktor ini merupakan kapabilitas dasar bagi manusia yang perlu dimiliki agar mampu meningkatkan potensinya. Di tengah persaingan global, semakin tinggi kapabilitas dasar yang dimiliki suatu bangsa, semakin tinggi peluang untuk meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia bangsa itu. Rendahnya mutu pendidikan terutama dalam mata pelajaran matematika merupakan masalah rutin yang dihadapi oleh pendidikan Indonesia. Padahal matematika merupakan mata pelajaran yang bertujuan membekali siswa untuk mampu berpikir logis, analitis, dan kreatif. Ironisnya kualitas pendidikan Indonesia oleh banyak kalangan dinilai masih rendah, khususnya penguasaan matematika. Pada tahun 2015 hasil penilaian Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) menggolongkan kemampuan matematika siswa kelas 4 SD di Indonesia pada kategori rendah dengan poin 397 dan berada diurutan 45 dari 50 negara (Nizam,2016). Rendahnya prestasi belajar matematika siswa salah satu penyebabnya adalah anggapan bahwa matematika pelajaran yang sulit,menakutkan,dan kurang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan teknologi dan perkembangannya memunculkan berbagai macam gagasan untuk mengintegrasikan sistem pendidikan.

Tidak dapat dipungkiri, dengan teknologi yang semakin maju dan berkembang mau tidak mau membawa perubahan yang signifikan di berbagai lintas sektor kehidupan. Salah satu bahasan yang cukup menarik yakni terkait dengan pandemi covid-19 dengan sistem pendidikan di Indonesia, sesuai surat edaran kemendikbud nomor 4 tahun 2020 yang memandatkan untuk siswa belajar dari rumah (via daring). Di masa pandemi, penggunaan perangkat smartphone maupun teknologi lain sebagai media belajar semakin marak digunakan. Adanya perubahan ini mengharuskan pendidik merespon dengan sikap dan Tindakan untuk mau belajar hal-hal baru.Belajar mengenai konsep dan struktur materi matematika dimulai dengan pengenalan masalah secara kontekstual, peserta didik dibimbing secara bertahap untuk menguasai konsep dalam matematika. Supaya dapat meningkatkan keefektifan dan memaksimalkan pembelajaran matematika secara daring, maka dibutuhkan teknologi informasi serta alat peraga ataupun media yang mumpuni seperti penggunaan internet sebagai penunjang dalam pelaksanannya. Melalui pembelajaran daring, siswa dapat berinteraksi dengan guru menggunakan beberapa aplikasi seperti google classroom, video conference, zoom, whatsapp ataupun yang lainnya.

Pembelajaran menggunakan aplikasi ini merupakan inovasi dalam dunia Pendidikan dan juga merupakan tantangan bagi para pendidik dalam kesiapan mereka menyiapkan materi yang diajarkan dalam bentuk daring. Inovasi pembelajaran yang baik tentunya harus menggunakan sistem pembelajaran yang tepat, dengan kriteria sebagai berikut : mempunyai daya tarik, daya guna (efektifitas), dan hasil guna (efisiensi). Hal tersebut dibutuhkan untuk meningkatkan minat, motivasi, dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, terutama dalam pembelajaran matematika. Wandani (2016) membuktikan dalam penelitiannya bahwa penggunaan multimedia interaktif dan software matematika mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran matematika. Penggunaan teknologi dapat membantu peserta didik mensimulasikan, memodelkan, membuat percobaan, memvisualisasikan dalam memperjelas suatu konsep matematika yang abstrak.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts

Ingat! Ngak Boleh ‘Main Saham’, Bahaya!

Oleh : A. Syahida Ulhaq Pasryb Pengurus GenBI UNM Periode 2020 Essai Ruang Karya GenBI UNM Globalisasi GENBIUNM.COM – Judi, riba, ngak halal, ‘main saham’ itu dosa! Pokoknya ngak boleh!